Oleh L.K.Ara
Banta A. Farida (lahir l929) dikenal sebagai penyair yang banyak menulis puisi bertema ke Tuhanan. Untuk mengungkapkan isi hatinya kedalam syair religius merupakan jalan yang lurus bagi¬nya. Karena ia mempunyai latar belakang pendidikan agama Islam di pesantren. Bahkan setelah selesai pendidikan ia pun menjadi guru ngaji di berbagai tempat. Perihal mengekspresi pengalaman diri lewat seni sastra bagi Banta tak hanya terbatas pada menulis puisi, tapi juga mencipta irama lagu serta membawakannya gubahan itu sekaligus. Cara menampilkan kesenian seperti itu didaerah Banta, yakni Gayo, Aceh Tengah disebut Syair.
Kesenian tradisional Syair yang digemari masyarakat Gayo, memang mempunyai ciri yang khas yakni, memberikan hiburan dan pendidikan serta nasihat khususnya tentang agama Islam.
Sebuah puisinya berjudul 'Munubah Nasib' (Merobah Nasib) berceri¬ta tentang bagaimana sebenarnya manusia harus merobah nasibnya. Merubah nasib kata Bata, dalam puisinya itu bukanlah Allah, tetapi atas usaha sendiri. Walaupun demikian garisnya telah ditentukan Allah, usaha mengerjakan untuk mencapaiannya terletak pada diri manusia itu sendiri. Berikut ini petikan puisi 'Merobah Nabib',
Ini sara ayat I wani Qur’an
Bercerak Tuhen munyeder nasipte
Maksud ni ayat pengen kubahas
Buge kati jelas beta kire-kire
(inilah suatu ayat di dalam Quran berkata Tuhan menceritakan nasib manusia maksud ayat dengar kutafsir semoga jelas begitulah kira-kira)
Munubah nasip nume le Allah
Tape terserah ku kite heme
Gerela mubah nasip ni sesara kaum
Ke gere murum-murum kao i dunie
( merobah nasib kita bukan Allah
tapi terserah kepada kita para hamba
taklah berobah nasib suatu kaum
bila tak berkumpul-kampul kamu di dunia)
Cume garis besare i turuhen Tuhen
Carani berbueten terserah ku kite
Wo suderengku kaum Islam
Cube kite pahami cerakni Tuhente
(tapi garis besarnya sudah diperlihatkan Tuhan
cara pelaksanaannya terserah kita
wahai saudaraku kaum Islam
coba pahami firman Tuhan)
Puisi 'Merobah Nasib' terdiri dari l6 bait. Pada bait-bait berikutnya penyair mengemukakan cara merobah nasib itu sendiri. Misalnya bagi orang tak berilmu cari ilmu. Juga bagi pedagang, jang sibuk mengurus jual beli saja. Tapi ingat nasib tetangga sekitar.
Di dalam puisi 'Penyakit Masyarakat', Banta mengedepankan sejumlah penyakit masyarakat. Menurut penyair ada lima penyakit masyarakat yakni, berjudi, mencuri, minum arak, pergaulan bebas dan malas. Betapa berbahaya penyakit judi diungkapkan dalam baris, “Mara ni judi pengen kuseder/Meh segele suker meh segele nyanya”
(bahaya judi dengar kuceritakan/segala susah segalanya sukar). Puisi yang berisi nasihat ini terdiri dari 8 bait. Berikut ini petikannya,
Cube i penge wo umet Muhammad
Penyakit masyarakat singe lilla nyata
Penyakit masyarakat si terlebih kaul
Enge terkumpul lime perkara
(coba dengar wahai umat Muhammad
penyakit masyarakat yang telah nyata
penyakit masyarakat yang lebih besar
telah terkumpul lima perkara)
Yang pertama ku buet judi
Kekite pikiri dele pede mara
Mara ni judi pengen kuseder
Meh segele suker meh segele nyanya
(yang pertama melakukan judi
kalau dipikir banyak bahaya
bahaya judi dengar kuceritakan
segala susah segalanya sukar)
Ke upah ari beden meh terpari
Urum istri suntuk berdawa
Yang kedue si gere olok tu eruh
Ku buet usuh kire enti kona
(kain di badan lepas sudah
dengan isteri selalu ribut
yang kedua yang tak sesuai
pekerjaan mencuri jangan lakukan)
Penyair Banta dari grup 'Syair Bebesen' dalam melakukan kesenian Syair sering berhadapan dengan penyair Tgk Abdurrahman Daudy dari grup 'Syair Kebayakan'. Ini terjadi di tahun-tahun 50-an. Seni syair yang dipertandingkan seperti itu memang sering mewakili kampung. Pada tahun 50-an itu jugalah penyair Banta sering bertanding dengan penyair Tgk Genincis dari grup 'Syair Kutelintang. Seni Syair yang kebangkitannya di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dipelopori Tgk Yahya bin Rasyid dan Tgk Abdur¬rahim Daudy itu mencapai masa keemasannya pada tahun l950-an itulah.
Seperti sejumlah penyair Seni Syair lainnya, Banta pun ada menulis puisi yang bertema hari kemudian, hari akhirat. Didalam puisi 'Tene Kiamat' (Tanda Kiamat), Banta menulis, peti¬kannya,
O heme Allah enti mulo inger
Male ku seder tene kiamat
Tene kiamat pengen kubahas
Buge kati jelas wo ummet Muhammad
(o, hamba Allah janganlah ribut
akan kusampaikan tanda kiamat
tanda kiamat dengar kubahas
semoga jelas o, umat Muhammad)
Tene kiamat mupensa-pensa
Si telah nyata terbagi opat
Yang pertama iuten Tuhen
Ari sekalian oya le berkat
(tanda kiamat terbagi-bagi
yang nyata terbagi empat
yang pertama diambil Tuhan
dari seluruhnya itulah berkat)
Umur ni manusie semakin singket
Nan pe ibedet semakin jengkat
Yang kedue gerene setie
Jema sara ine gere ne rapat
(umur manusia semakin singkat
lagi pula ibadat semakin sombong
yang kedua tak lagi setia
orang seibu sebapa tak lagi sejalan)
Bagaimana cara bergaul itu juga mendapat perhatian penyair Banta. Puisi-puisi berisi pendidikan dan nasihat itu misalnya terdapat dalam syair 'Bergaul'. Tema syair yang umum terdapat dalam puisi keagamaan adalah cerita-cerita Nabi. Penyair Banta A. Farida ada juga menulis puisi yang berkisah tentang perikehidupan Nabi. Banta memilih cerita Nabi Ayyub dan menuliskan dalam bahasa yang sederhana melalaui puisinya berjudul 'Kisah Nabi Ayyub'. Puisi ini terdiri dari 24 bait. Pada bait ke-2 Banta menulis, (terjemahan), 'kisah Nabi Ayyub yang kuat beriman/diber¬ikan Tuhan hidupnya kaya raya/suami isteri rukun dan tenteram/apa yang diminta semua ada'.
(dari : “Antologi Syair Gayo”, Penyusun L.K.Ara, Penerbit Pena, cetakan ke-2, Banda Aceh, 2009)
Tgk Banta A. Farida
NABI AYYUB
Ini kuseder sara kekeberen
Buge kin teleden ku bewenne rata
Lebih-lebih ilen ku kaum ibu
Si enguk kin tiru selama masa
Kekeber ni ayyub si kuet berimen
Nge I osah tuhen ninse kaya raya
Laki istri nge bersenang ate
Sana si cintee bewenne ara
Hartae dele nge tenyen bertenyen
Si enguk iperenen olok terhola
I sara masa tekedir ni tuhen
We jatuh sakiten gere terperin nyanya
Sakiten ayyub si benare beret
Ngih terboboh uet ne lagu biasa
Tujuh tahun suntuk i wan sakiten
Tekedirni tuhen we jatuh sengsara
Banan ni ayyub nge dabuh berfikir
Si karna nge fakir nge turah berusaha
Banan ni ayyub si benare seber
Nyanya ururm suker bewenne rela
Renyel we beluh mungenal nepekah
Beluh tung upah ku jema sikaya
Tentang ni buete gerene tercari
Ara kin kuli penyapuni jema
Ara kin tukang sabun ara kin tukang dubi
Asal demu gaji peluah ni nyanya
I sara masa atewe keliru
Buet gere demu peng pe gere ara
Mungenali buet lao pe nge iyo
Male berbelenye ngih sanah pe ara
I yone termenung ulu e petungkuk
Munguntingen wauk I juel ne ku jema
Regeni wauk ibeline ku barang
Renyel mamang-mamang I belinne poa
Lao pe nge iyo ulak ku umahe
Sawah ku umah pe kona bengis pora
Seulah bengis si rawan mungune
Kin sana kati ulak berito ari kota
I yone si banan bacar ulak berperi
Aku serloni olok pedi nyanya
Mungenal buet gere ara mudemu
Sehingge wauku kujuel ku jema
Sesire bercerak I lekoh ne tudung
Ulue nge gupung wauk gere ara
I sone ayyub nge dabuh mongot
Atewe gere ongot kekire gerene jenta
Munengon si banan atewe sayang
Renyel semiang ku Tuhen bwerdoa
Doani ayyub I kabulni tuhen
Bergembali mien we lagu biasa
Bedenne sehat penyakit pe jeger
Nge seger buger mien kaya-raya
Kekebeni Ayyub betala ringkese
Nyanya temase nge emeh I rasa
Lebih si banan bersusah diri
Tape gere ku kali wae musangka
Ke jema besilo ke kite baningen
Olok berlainen ari masa pudaha
Ke jema besilo imenne tipis
Pora kona bengis gerene rela
Sipet penyeber olok pedi kurang
Pora I gerantang ku kali musangka
Sawah ku kali beweh I uke e
Si gere ara pe I perinne nge ara
Cacat ni si rawan nge meh mujemur
Nge lagu si atur titik berkoma
Salah si rawan ara sejengkal salah
Renyel I tetamah menjadi seneta
Jeroh ni sirawan gerene teridah
Ke dirie salah gerene nyata
Padahal si rawan erep penejerne
Renyel iperenne peri benasa
Padahal si rawan orop I acue
Renyel iperenne nge hampir kunyawa
Banan si beta iperin nabinte
Akhirat dunie mendapat celaka
Wo kaum ibu gelah seber ate
Si lebih kurangnge I seberen pora
Enti karna kaum ibu nge berseber ate
Dabuh kite rawan pe kase tingang ora
Padahal jema rawan kire kin pemimpin
Wajib menjamin iwan rumah tangga
Bugelah gati bersitiron izin
Bersimat jarin setiep masa
Kite jema rawan turah tanggung jeweb
Enti tangkap arap udah timul dawa
Ike nge dawa menurut biasae
Si gele rejekinte pe dabuh musangka
Ke kite tukang dewe ke akhir kemudienne
Ku anak tepe kase mujadi pusaka
Si kite buetten bewenne we pane
Akhir kemudienne we mujadi celaka
Cukup kin ibarat we lagu nini
Bu kite pikiri urum jantung rasa
Kenesal mulo ara ke untungen
Kemelas puren kase mujadi hampa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar